Jumat, 25 Maret 2011

Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII Semester Ganji

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif (Djamarah, 2006 : 1). Dalam sistem belajar mengajar yang sifatnya klasikal (bersama-sama dalam satu kelas, guru harus berusaha agar proses belajar mengajar mencerminkan komunikasi dua arah. Mengajar bukan semata-mata merupakan pemberian informasi seraya tanpa mengembangkan kemampuan mental, fisik dan penampilan diri. Oleh karena itu, proses belajar mengajar di kelas harus dapat mengembangkan cara belajar siswa untuk mendapatkan, mengelola dan mengkomunikasikan apa yang telah diperoleh dalam proses belajar tersebut.

Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses komunikasi. Dalam proses komunikasi kehadiran media pembelajaran sangatlah penting agar pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat diterima oleh komunikasi secara efektif. Demikian juga dalam pembelajaran, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien maka diperlukan media pembelajaran yang memudahkan siswa belajar, khususnya dalam pembelajaran ekonomi yang memiliki tingkat kejenuhan dan kebosanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Sejalan dengan hal tersebut Arsyad berpendapat bahwa dalam suatu proses belajar mengajar ada dua unsur yang sangat penting, yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek itu saling berkaitan karena pemilihan metode mengajar tertentu akan mempengaruhi media yang digunakan.

Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Media pembelajaran dapat membantu optimalisasi dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media dalam menjelaskan materi dapat mempermudah pemahaman materi oleh siswa sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat konkrit.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pembelajaran Ekonomi

Mappa dan Balesman berpendapat bahwa pembelajaran adalah upaya sistematik untuk membantu peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar agar mereka mampu mengubah, mengembangkan, atau mengendalikan sikap dan perilaku sampai batas kemampuan yang maksimal. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai (2004 : 188).

Pembelajaran ekonomi merupakan kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran ekonomi. Menurut Mappa dan Balesman pembelajaran ekonomi merupakan upaya sistematik untuk membantu siswa melakukan kegiatan belajar agar mereka mampu mengubah, mengembangkan, dan mengendalikan sikap dan perilakunya sampai pada batas kemampuan maksimal. Jadi pembelajaran adalah suatu usaha guru dalam membelajarkan siswa untuk memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pembelajaran dikatakan efektif apabila tujuan dapat dicapai dengan baik, dan tetap memperhatikan interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

BAB III

METODE PENELITIAN

Metode penelitian adalah satu cara untuk memahami suatu obyek dengan menggunakan suatu metode yang sesuai untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenarannya. Adapun dalam Bab III ini yang akan dibahas oleh peneliti antara lain : metode penentuan daerah penelitian, metode penentuan responden, kehadiran peneliti, desain dan rencana tindakan kelas, metode pengumpulan data dan analisa data.

download disini

1 komentar:

  1. dengan multimedia memang efektifitas belajar siswa dapat ditingkatkan sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik sekaligus memudahkan para pengajar

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus